
garutkab.bnn.go.id, Garut – Badan Narkotika Nasional Kabupaten Garut (BNNK Garut) pada tanggal 22 Januari 2025 menggelar Pengawasan Kualitas Pelayanan Prima dan Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun) sebagai Bentuk Komitmen BNN Kabupaten Garut dalam Pembangunan Zona Intergritas menuju WBK dan WBBM. Pengawasan ini dilaksanakan oleh seluruh Tim Pembangunan Zona Integritas Badan Narkotika Nasional Kabupaten Garut.
Petugas Security, Petugas Pelayanan P4GN dan Petugas Piket WAEBAN berjumlah lengkap dan hadir tepat waktu melaksanakan tugas dan telah menerapkan budaya 5S dalam memberikan pelayanan P4GN kepada masyarakat. Petugas Security, Petugas Piket Pelayanan, Petugas Layanan dan Petugas Piket P4GN telah memahami tugasnya masing – masing dan telah melaksanakan budaya 5S dalam memberikan pelayanan P4GN kepada masyarakat.
Maksud dan Tujuan Pengawasan Kualitas Pelayanan Prima dan Budaya 5S sebagai Bentuk Komitmen BNN Kabupaten Garut dalam Pembangunan Zona Intergritas menuju WBK dan WBBM adalah :
- Pengecekan area Warung Edukasi Bahaya Narkotika (WAEBAN) untuk visit adik adik TK Kemala Bhayangkari 23 Garut;
- Penguatan pemahaman SOP piket Siaga P4GN dan SOP Kualifikasi Pelayanan Prima 1 Pintu dan pengecekan sarana prasarana dalam rangka menunjang kegiatan dan operasional;
- Program zero waste tetap menjadi perhatian dalam pelaksanaan serta pengawasan berkelanjutan sehingga menjadi program unggulan;
- Inovasi pelayanan dan core purpose “Bangga Melayani Bangsa” agar terus berkembang dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat;
- Implementasi Reformasi Birokrasi dalam rangka penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional.
Hasil pengawasan dipergunakan untuk kepentingan analisis evaluasi Kualitas Pelayanan Prima dan Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun) secara rutin agar membudaya di Lingkungan BNN Kabupaten Garut. Dalam membangun Zona Integritas dibutuhkan komitmen yang kuat dan Integritas dari setiap individu, Transparansi serta Akuntabilitas Kinerja. Selain itu dibutuhkan pula kebijakan standar pelayanan, implementasi budaya pelayanan prima serta melaksanakan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dan melakukan tindak lanjut atas hasil survei tersebut.
Pengawasan kualitas layanan di BNN Kabupaten Garut memastikan agar Inovasi layanan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas layanan publik, mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan layanan mobile dan mewujudkan transparansi serta kepercayaan dalam pelayanan. Selain itu, pengawasan kualitas layanan di BNN Kabupaten dilaksanakan guna mengecek buku registrasi inovasi eksternalisasi BNN Kabupaten Garut untuk mengetahuai akses jangkauan terhadap masyarakat Garut.